BREAKING NEWS

Friday 4 July 2014

Tarawih, Buka Puasa, dan Sahur Bersama

Marhaban Ya Ramadan 1435 Hijriah, selamat datang bulan puasa Ramadan. Bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan. Tidak terasa waktu terus bergulir. Ramadan sudah dekat.

Sebagaimana yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, Masjid Raya Batam akan menyelenggarakan kegiatan Ramadan.

Seperti Ramadan tahun 1435 Hijriah atau 2013 Masehi, ribuan umat muslim antusias untuk memadati Masjid Raya Batam. Pada awal 1 Ramadan 1434 Hijriah sampai akhir Ramadan, umat muslim menunaikan ibadah di masjid yang mulia ini.

Kala itu, umat muslim berbondong-bondong ke Masjid Raya Batam untuk menunaikan salat Tarawih perdana yang dilakukan pada Selasa (9/7/2013) malam.

Tarawih ini dilaksanakan setelah Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan 1 Ramadan 1434 Hijriah bertepatan pada Rabu (10/7/2013).

Umat muslim dari seluruh penjuru Kota Batam melaksanakan salat di masjid yang sangat megah ini.

Meskipun ruang utama masjid sudah terlihat penuh, para jemaah tampak mencari-cari sedikit tempat untuk melaksanakan salat.

Serambi masjid yang berada di lantai dua juga dipenuhi jemaah. Bahkan beberapa jemaah ada yang melaksanakan salat Tarawih di lorong lantai bawah masjid.

Kala itu, sebelum salat Tarawih, jemaah menunaikan shalat Isya' berjemaah. Selanjutnya ribuah jemaah mendengarkan kajian yang disampaikan Wali Kota Batam, Drs. H. Ahmad Dahlan, MH.

Dalam ceramahnya, Wali Kota mengajak jemaah untuk selalu giat pada bulan Ramadan.

"Kalau di kampung mengaji, di Batam kita juga ngaji. Mari kita sambut Ramadan dengan giat beribadah. Sebagaimana pesan Nabi Muhammad bekerjalah untuk duniamu seakan hidup selamanya dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan engkau akan mati esok," ujar Ahmad Dahlan kala itu.

Sedangkan kondisi di luar Masjid Raya Batam, area parkir kendaraan terlihat penuh sesak. Beberapa jemaah yang tidak kebagian tempat harus memarkir kendaraannya di tepi jalan raya.

Akibatnya jalan dekat Masjid Raya dari arah Batam Centre menuju Simpang Kabil yang biasanya digunakan dua lajur kini hanya bisa digunakan satu lajur.

Namun demikian, hal ini tidak menyebabkan kemacetan. Dikarenakan kondisi jalan di sekitar Masjid Raya Batam saat itu terlihat sepi.

Usai menunaikan salat Tarawih delapan rekaat dan witir tiga rakaat, para jemaah meninggalkan masjid. Namun sebagian jemaah memilih untuk berbelanja di bazar yang berada di halaman masjid.

Teten Nasrudin, SE, Koordinator Kegiatan Ramadan dan Bazar 1434 Hijriah menyebutkan, bazar ini dipersiapkan sebagai pendukung agar jemaah tertarik untuk datang ke Masjid Raya Batam.

Di samping itu, mereka bisa melaksanakan ibadah juga bisa membeli berbagai kebutuhan dan aksesoris ibadah. Seperti peci, sorban, busana muslim, tasbih, bahkan makanan sunah di bulan suci ini, yakni kurma dan air Zam-zam.

Selain itu, pada bulan Ramadan ini, Masjid Raya Batam menyediakan takjil untuk berbuka puasa untuk porsi 300 jemaah.

Sedangkan untuk makan sahur pihak masjid menyediakan menu makanan untuk porsi 30 jemaah. (TB/iwn)

Post a Comment

 
Copyright © 2008 Masjid Raya Batam | Supported by: Ini Bukan Sembarang Bekam